Site Info

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Ervin Hasibuan

Sabtu, 18 Desember 2010

Padang Alami Kelangkaan Solar

PADANG, METRO

Warga Kota Padang pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar mengeluhkan munculnya kelangkaan BBM tersebut. Kondisi ini terjadi di beberapa SPBU yang ada di Kota Padang, semenjak Kamis (17/12).

Pantauan POSMETRO, Sabtu (19/12), di beberapa SPBU, walaupun masih memiliki stok BBM, namun untuk mendapatkannya, masyarakat terpaksa harus menjalani antrian yang cukup panjang.

Beberapa sopir yang menggunakan BBM jenis solar mengeluhkan kelangkahan BBM tersebut. Rian (32) salah seorang sopir truk yang ikut mengantri untuk mengisi BBM di SPBU Pampangan mengaku, dirinya kesulitan mendapatkan solar, semenjak dua hari belakangan. Bahkan, tidak hanya rela mengantri, dirinya juga harus bergerilya dari satu SPBU ke SPBU lainnya untuk mencari BBM yang satu ini.

"Saya sudah antri sejak pukul 13.00 WIB tadi. Namun, sekitar pukul 13.25 WIB saya baru bisa mendapatkannya, " ujar Rian, sembari mengatakan, akibat antrian panjang, banyak waktunya yang tersita.

Tidak hanya sopir, nelayan pun menjerit dengan kelangkaan yang terjadi.  Mardi, misalnya, seorang nelayan di Kawasan Muaro Padang, mengaku, dirinya dan beberapa nelayan kesulitan berangkat melaut, karena kelangkaan solar ini.

Katanya, setelah mendatangi beberapa SPBU di Kota Padang, semuanya kehabisan stok. Meskipun diantara SPBU yang mereka datangi masih menyediakan stok solar, namun hanya bertahan sebentar. Dalam hitungan jam, solar tersebut telah habis terjual.

Nelayan yang berada di Kawasan Muaro Padang, untuk mendapatkan BBM jenis solar, terpaksa harus pergi ke SPBU yang berada di Kawasan Cangkeh dan Indarung, bahkan di Kawasan Aia Pacah.

Penyebabkan kelangkahan BBM jenis solar ini, menurut pengakuan petugas SPBU karena sulitnya SPBU menerima jatah Solar. Untuk memberitahukan kekosongan minyak solar tersebut kepada warga, petugas SPBU terpaksa memasang pengumuman yang menyatakan solar telah habis.

Seperti dua SPBU yang ada di Jalan Jati, depan Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) M Djamil Padang, disana terpampang pemberitahuan bahwa solar kosong. Petugas SPBU di sana menyebutkan, BBM jenis solar akan masuk Senin (20/12)  nanti. Selama seminggu ini, mereka hanya mendapatkan jatah pasokan BBM jenis Solar sebanyak dua tangki saja. "Dua hari yang lalu, dua tengki itu sudah habis," kata petugas yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Menurutnya, ada beberapa SPBU yang lebih diprioritaskan untuk mendapatkan BBM jenis solar, seperti, SPBU di Jalan By Pass, dekat kawasan  Kampus Baiturrahmah dan di kawasan Indarung, Cengkeh serta Pampangan.

Beberapa  SPBU disana, diprioritaskan mendapatkan solar, karena kendaraan dan perusahaan yang menggunakan bahan bakar jenis ini, jumlahnya cukup banyak di lokasi tersebut. "Mungkin, baru hari Senin kita mendapatkan solar," lanjut petugas tersebut.(hsb)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Ervin Hasibuan Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template